Senin, 31 Oktober 2011

ALASAN SESEORANG TIDAK MENGINJIL ( II TIMOTIUS 4 : 5; MATIUS 28 : 19 - 20 ) - Oleh: Pdt. Yosi




Kalau kita mengasihi jiwa-jiwa, itu berarti harus menginjil. Tetapi yang menjadi persoalannya adalah banyak anak-anak Tuhan yang tidak mau menginjil karena terlalu nyaman dengan keadaannya atau dengan keadaan gerejanya sehingga tidak mau menjangkau keluar untuk memenangkan jiwa-jiwa yang belum mengenal Yesus Kristus.

Kita bisa memaklumi jiwa-jiwa yang baru bertobat dan mungkin belum tahu tugas untuk menginjil. Tetapi kita sebagai anak-anak Tuhan yang sudah lama percaya dan mengenal Yesus, seharusnya sudah mengerti dan tahu tugas kita, yaitu memberitakan Injil.

Yang menjadi pertanyaan buat setiap kita, Mengapa orang tidak mau menginjil / memberitakan Injil ?

1. Tidak tahu ada tugas untuk menginjil
Setiap orang Kristen punya tugas untuk menginjil (2 Tim 4 : 5).
Menginjil adalah suatu ketetapan Allah dan bukan pilihan (Mat 28 :19-20; Mar 16 : 15-16)

2. Tidak memiliki Visi Allah
A. Visi Allah adalah Yohanes 3 : 16.
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal.
B. Visi Allah harus menjadi visi kita
Visi Allah artinya apa yang menjadi keinginan Allah. Keinginan Allah supaya tidak ada yang binasa. Kalau kita sudah menjadi Anak Allah, visi kita harus sama seperti visi Allah. Kerinduan kita harus sama dengan kerinduan Allah. Jangan berpikir, urusan masuk surga adalah urusan masing-masing. Pemikiran yang seperti ini adalah salah. Bagaimana kalau seseorang yang belum percaya Yesus adalah keluarga kita atau sahabat baik kita atau saudara kita ? Bagaimana perasaan kita ? Sadarlah kasih Yesus kepada setiap kita terlalu besar dan kita ini tidak ada apa-apanya, tetapi Yesus begitu mengasihi setiap kita.
Ilustrasi : Perhatikan perbandingan ukuran benda-benda di angkasa itu. Bumi dibandingkan dengan Jupiter dan Saturnus. Dibandingkan dengan matahari bumi hanya sebesar titik.



Bersebelahan dengan Arcturus, bumi sudah  terlalu kecil dan tidak terlihat. Antares: bintang paling terang ke-15 di angkasa.  Jarak dari bumi 1000 tahun cahaya.



Disampingnya, matahari bagaikan debu, dan bumi sama sekali tidak terlihat. Anates di tangan Tuhan, tidak ada apa-apanya dan Tuhan terlalu besar dan luar biasa. Ini adalah bukti Yesus mengasihi kita. Kalau Tuhan Yesus begitu mengasihi setiap kita, kita pun wajib mengasihi sesama kita dan tidak boleh egois.

3. Telah kehilangan kasih mula-mula
Kasih mula-mula harus tetap membara karena jika kehilangan kasih mula-mula dan tidak bertobat maka kaki dian akan diambil juga oleh Tuhan (Wahyu 2:5)
Kasih mula-mula artinya kasih yang terbaik kepada Tuhan. Kasih mula-mula kita kepada Tuhan jangan sampai hilang atau pudar.


4.  Telah kehilangan belas kasihan
Yesus memiliki belas kasihan terhadap orang berdosa
Kalau kepada binatang piaraan saja kita bisa berbelaskasihan, terlebih lagi kita harus berbelas kasihan kepada sesama kita. Tuhan Yesus memiliki belas kasihan yang sangat tinggi. Contoh : Yesus mengasihi Zakheus, Yesus mengasihi perempuan Samaria, Yesus mengasihi yang menderita, Domba yang hilang (Lukas 15 : 1-7), Dirham yang hilang (Lukas 15 : 8-10), Anak yang hilang (Lukas 15 : 11-32). Bagaimana dengan setiap kita, apakah sudah memiliki belas kasihan kepada orang-orang yang ada di sekeliling kita ? Kita harus punya belas kasihan.

5.  Tidak memahami ada hukuman Allah
Ada hukuman kekal dalam api neraka (Wahyu 20:15)
Contoh : Suami/istri/anak/saudara/mungkinkah orang ini sahabat anda ? Jangan sampai mereka masuk hukuman kekal. Mari beritakan Injil kepada jiwa-jiwa yang belum percaya Yesus. Maka dunia akan berubah dan tranformasi akan terjadi kalau kita memberitakan Injil.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar